Cara Membuat Bangun Datar Persegi Pelangi Dengan 7 Warna Pada Dev C++ OpenGL

Berikut ini saya akan memberikan tutorial membuat bangun datar Persegi Pelangi dengan 7 warna pada Dev C++ OpenGL.
Jika ingin melihat tutorialnya buka saja di Membuat Objek Titik pada Dev C++ OpenGL

  • Berikut Script Untuk Membuat Bangun Datar Persegi Pelangi :
  1. #include<GL/glut.h>
  2. void persegi();
  3. main(int argc, char** argv)
  4. {    
  5. glutInit(&argc,argv);    
  6. glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
  7. glutInitWindowSize(640,640);    
  8. glutInitWindowPosition(100,100);    
  9. glutCreateWindow("Membuat Persegi Pelangi(RIAN UMRI");    
  10. glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0);    
  11. glMatrixMode(GL_PROJECTION);    
  12. glOrtho(1.0,1.0,1.0,1.0,-1.0,1.0);    
  13. glutDisplayFunc(persegi);    
  14. glutMainLoop();
  15. }
  16. void persegi()
  17. {    
  18. glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);    
  19. glBegin(GL_POLYGON);
  20. glPointSize(50.0f);    
  21. glColor3f(1.00.0 ,0.0);    
  22. glVertex2f(-0.8f,-0.8f);
  23. glVertex2f(-0.8f,0.8f);    
  24. glVertex2f(0.8f,0.8f);
  25. glVertex2f(0.8f,-0.8f);    
  26. glVertex2f(-0.8f,-0.8f);    
  27. glEnd();
  28. glBegin(GL_POLYGON);    
  29. glPointSize(50.0f);
  30. glColor3f(1.00.50.0);    
  31. glVertex2f(-0.7f,-0.7f);
  32. glVertex2f(-0.7f,0.7f);
  33. glVertex2f(0.7f,0.7f);
  34. glVertex2f(0.7f,-0.7f);
  35. glVertex2f(-0.7f,-0.7f);
  36. glEnd();
  37. glBegin(GL_POLYGON);
  38. glPointSize(50.0f);    
  39. glColor3f(1.01.00.0);    
  40. glVertex2f(-0.6f,-0.6f);
  41. glVertex2f(-0.6f,0.6f);    
  42. glVertex2f(0.6f,0.6f);
  43. glVertex2f(0.6f,-0.6f);    
  44. glVertex2f(-0.6f,-0.6f);    
  45. glEnd();  
  46. glBegin(GL_POLYGON);
  47. glPointSize(50.0f);    
  48. glColor3f(0.01.00.0);    
  49. glVertex2f(-0.5f,-0.5f);
  50. glVertex2f(-0.5f,0.5f);    
  51. glVertex2f(0.5f,0.5f);
  52. glVertex2f(0.5f,-0.5f);    
  53. glVertex2f(-0.5f,-0.5f);    
  54. glEnd();
  55. glBegin(GL_POLYGON);
  56. glPointSize(50.0f);    
  57. glColor3f(0.01.01.0);    
  58. glVertex2f(-0.4f,-0.4f);
  59. glVertex2f(-0.4f,0.4f);    
  60. glVertex2f(0.4f,0.4f);
  61. glVertex2f(0.4f,-0.4f);    
  62. glVertex2f(-0.4f,-0.4f);    
  63. glEnd();  
  64. glBegin(GL_POLYGON);
  65. glPointSize(50.0f);    
  66. glColor3f(0.00.01.0);    
  67. glVertex2f(-0.3f,-0.3f);
  68. glVertex2f(-0.3f,0.3f);    
  69. glVertex2f(0.3f,0.3f);
  70. glVertex2f(0.3f,-0.3f);    
  71. glVertex2f(-0.3f,-0.3f);    
  72. glEnd();
  73. glBegin(GL_POLYGON);
  74. glPointSize(50.0f);    
  75. glColor3f(0.530.120.47);    
  76. glVertex2f(-0.2f,-0.2f);
  77. glVertex2f(-0.2f,0.2f);    
  78. glVertex2f(0.2f,0.2f);
  79. glVertex2f(0.2f,-0.2f);    
  80. glVertex2f(-0.2f,-0.2f);    
  81. glEnd();                                  
  82.                                
  83. glFlush();
  84. }

  • Apabila sudah diketikkan maka hasilnya akan menjadi seperti ini :


  • Lalu jalankan script dengan cara Execute > Compile & Run dan hasilnya akan menjadi seperti ini :



Terimakasih...SELAMAT MENCOBA :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Bangun Datar Persegi Pelangi Dengan 7 Warna Pada Dev C++ OpenGL"

Posting Komentar