Cara Membuat Objek Titik pada Dev C++ OpenGL

Berikut ini saya akan memberikan tutorial tentang bagai mana cara membuat objek titik pada Dev C++ OpenGL..
Langkah-langkah nya yaitu :
  • Klik File > New > Project > OK

  • Setelah New Project akan tampil jenis lembar kerja yang akan digunakan, 
klik Console Application > OK


  • Setelah itu Save Project, klik Save



  • Klik kanan pada Bar Project, lalu pilih Project Options


  • Pada Project Options, klik Parameters > Linker
Pada Box Linker ketik :
-lopengl32 
-lfreeglut 
-lglu32
lalu klik lah OK

  • Kosongkan Script dan ketikan script seperti dibawah ini :

  1.         #include <GL/glut.h> 
  2.         #include <GL/gl.h> 
  3.         #include <windows.h>

  4.         void userdraw () {

  5.       glBegin (GL_POINTS); 
  6.      glVertex2i (150,0); 
  7.      glVertex2i (150,200); 
  8.      glVertex2i (370,200);

  9.         glEnd ();
  10.         }

  11.         void display (void) {
  12.              glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
  13.              userdraw ();
  14.                 glutSwapBuffers ();
  15.         }
  16.         int main (int argc, char **argv) {
  17.         glutInit (&argc,argv);
  18.         glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE|GLUT_RGB); 
  19.         glutInitWindowSize (640,480);
  20.         glutCreateWindow ("Membuat Objek Titik (Rian UMRI)");
  21.         glClearColor (0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
  22.         gluOrtho2D (0.,640.,-240.,240.);
  23.         glutIdleFunc (display); 
  24.         glutDisplayFunc (display);
  25.         glutMainLoop (); 
  26.         return 0;
  27.         }
  • Setelah Script Diketikkan, Maka akan menjadi seperti ini :
  • Compile dan Run (Execute, Compile & Run) dan output akan terlihat seperti ini :

Terimakasih...Selamat Mencoba :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Objek Titik pada Dev C++ OpenGL"

Posting Komentar